Clefhui.id | Menulis Contoh surat lamaran kerja memang menjadi salah satu hal yang perlu diketahui oleh semua orang, apabila mereka ingin melamar sebuah pekerjaan ke suatu instansi.
Jika kalian ingin mengetahui bagaimana cara menulis surat lamaran kerja dengan benar, kalian bisa simak pembahasan yang kami sediakan dibawah ini.
Surat Lamaran Kerja sendiri menjadi salah satu syarat utama bagi para calon pekerja yang ingin melamar pekerjaan di sebuah instansi atau perusahaan. Ada berbagai jenis surat yang bisa kalian buat, dimulai dari tulis tangan hingga mengetik menggunakan Microsoft Word.
Namun sekarang ini kebanyakan, banyak para instansi yang mempersilahkan para pekerja untuk menulis surat lamaran pekerjaan menggunakan Microsoft Word. Dimana hasil yang diharapkan nantinya bisa menjadi lebih rapi dan mudah dipahami.
Karena ada banyak para calon pekerja yang mungkin belum mengetahui secara detail, bagaimana contoh surat lamaran kerja. Maka disini kami akan memberikan berbagai ulasan serta informasi yang akurat dari surat lamaran kerja.
Dimulai dari ketentuan penulisan surat, format penulisan surat, lampiran detail informasi yang harus ada di surat lamaran dan tips cara membuat surat lamaran dengan baik dan benar. Apabila kalian ingin mengetahui bagaimana contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.
Kalian bisa terus ikuti informasi yang telah tersedia pada pembahasan yang kami sediakan dibawah ini.
Ketentuan Menulis Surat Lamaran Kerja Dengan Baik dan Benar
Sebuah ketentuan dalam menulis surat lamaran kerja memang menjadi salah satu syarat juga agar dapat menulis surat lamaran dengan baik dan benar. Karena membuat surat lamaran kerja sendiri tidak bisa sembarangan, dan harus mengikuti instruksi serta ketentuan yang ada.
Kali ini kami akan memberikan sebuah informasi seputar ketentuan menulis surat lamaran kerja dengan baik dan benar yang sudah digunakan oleh berbagai instansi besar yang ada di indonesia.
Pada umumnya, beberapa instansi kecil yang baru mencari para calon pekerja baru ikut menggunakan ketentuan yang sama dengan instansi-instansi sebelumnya. Maka dari itu kalian perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja ketentuan dalam menulis surat lamaran kreja dengan baik dan benar.
Dan pastinya hal itu dapat membuat pimpinan perusahaan yang kalian lamar, akan mempertimbangkan sesuai dengan surat lamaran kerja yang telah kalian ajukan. Untuk lebih lengkapnya mengenai ketentuan yang ada, kalian bisa simak selengkapnya pada pembahasan dibawah ini.
Contoh Format Penulisan Umum Surat Lamaran Kerja
Untuk ketentuan pertama yang menjadi salah satu syarat ketika ingin menulis surat lamaran kerja ialah, sebuah format penulisan. Karena ada banyak calon pekerja yang tidak mengikuti format penulisan surat lamaran kerja.
Sehingga hal ini mengakibatan berkas yang diajukan tidak dibaca oleh pimpinan, dan bahkan berpotensi dibuang. Umumnya sebuah perusahaan atau instansi memiliki format penulisan masing-masing.
Namun pada kali ini kami akan memberikan informasi seputar format penulisan yang umum digunakan pada sebuah surat lamaran kerja. Yang mana format ini nantinya bisa menjadi acuan bagi kalian yang ingin menulis surat lamaran pekerjaan dengan baik dan benar.
1. Sertakan Tanggal dan Tempat Penulisan Surat
Format pertama yang pastinya ada disetiap surat lamaran kerja ialah tanggal penulisan surat dan tempat penulisan surat. Dimana format ini bisa menjadi ketentuan, apakah surat ditulis dengan benar sesuai dengan tanggal dibukannya lowongan pekerjaan atau tidak.
Pada umumnya format tanggal dan tempat penulisan surat terletak pada bagian bawah surat, diatas bagian tanda tangan penulis surat. Dan kalian bisa memastikan bahwa format ini telah masuk kedalam penulisan surat lamaran kerja kalian.
2. Nama Perusahaan Yang Dituju dan Nama Lengkap Pimpinan Perusahaan
Format kedua yang harus ada disetiap surat lamaran kerja ialah, nama perusahaan yang dituju atau dilamar, lalu nama lengkap pimpinan dari perusahaan. Hal ini menjadi sangat penting, karena agar pihak HRD dapat menilai dan benar memastikan bahwa kalian melamar ke sebuah perusahaan atau instansi yang tepat.
Tidak hanya itu saja, format ini selalu ada disetiap penulisan surat lamaran kerja. Dan bisa dipastikan, jika kalian tidak menyertakan informasi ini. Maka surat lamaran kerja kalian tidak akan diterima atau bahkan tidak mendapatkan sebuah panggilan interview.
Umumnya letak dari format ini berada pada bagian atas, yaitu awal pada pembukaan surat lamaran kerja.
3. Salam Pembuka Pada Awal Isi Surat
Untuk format selanjutnya yang pastinya harus ada di semua surat, dan tidak hanya di surat lamaran kerja saja, ialah salam pembuka pada awal isi surat. Dimana format ini menjadi ketentuan yang juga harus ada disebuah surat lamaran kerja.
Karena pada awal pembuka surat, kalian harus menuliskan salam pembuka yang ditujukan pada pimpinan perusahaan. Dengan meminta ijin untuk menyampaikan tujuan serta isi dari surat lamaran kerja yang kalian kirimkan.
4. Data Diri Lengkap Detail
Format selanjutnya yang menjadi salah satu ketentuan utama, yang harus ada dalam sebuah surat lamaran kerja adalah, data diri pelamar. Karena hal ini bertujuan agar pihak HRD mengetahui nama serta informasi lain dari biodata diri kalian.
Untuk format ini pada umumnya terletak di bagian isi surat. Dan kalian harus memastikan ketika menulis surat lamaran kerja. Kalian harus menyertakan informasi yang satu ini, karena ini menjadi salah satu format yang harus ada disebuah surat lamaran kerja
5. Sertakan Pengalaman Kerja Atau Keahlian Tertentu
Menyertakan pengalaman kerja ataupun keahlian tertentu yang kalian miliki dalam sebuah surat lamaran kerja memang menjadi salah satu format yang harus kalian sertakan. Karena informasi tersebut dapat memberikan nilai plus tersendiri bagi para calon pekerja.
Dengan adanya pengalaman kerja ataupun keahlian tertentu yang kalian miliki, maka akan memberikan kemudahan bagi pihak HRD. Untuk menetapkan posisi sesuai dengan yang kalian inginkan, dengan cara mensortir pengalaman kerja dan juga keahlian tertentu yang telah kalian sertakan.
Lampiran Detail Pada Surat Lamaran Kerja
Jika pada ketentuan sebelumnya, kami telah memberikan sebuah informasi dimana kalian bisa mengikuti sebuah format umum yang ada pada sebuah perusahaan untuk menulis surat lamaran kerja.
Dan selanjutnya disini kalian juga perlu mengetahui ketentuan selanjutnya yang ada pada sebuah contoh surat lamaran kerja. Yaitu lampiran data yang harus ada pada sebuah surat lamaran kerja.
Seperti penjelasan yang telah kami berikan diatas, dimana pada umumnya sebuah perusahaan memiliki ketentuan dalam menyertakan lampiran detail pada surat lamaran kerja. Dan kali ini kami akan memberikan beberapa lampiran detail yang harus ada pada surat lamaran kerja pada umumnya.
Karena sebuah lampiran detail menjadi salah satu ketentuan utama yang menjadi tolak ukur bagi para calon pekerja untuk menempati posisi pekerjaan yang diajukan.
Untuk lebih lengkapnya apa saja lampiran detail yang harus ada pada sebuah surat lamaran kerja, kalian bisa simak selengkapnya dibawah ini.
1. Fotokopi Ijazah Pendidikan Terakhir
Lampiran detail selanjutnya yang harus kalian sertakan ketika menulis surat lamaran kerja ialah, sebuah fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang telah kalian jalani. Dan untuk lampiran tersebut, bisa dipastikan telah terlegalisir.
2. Fotokopi Transkip Nilai
Untuk lampiran selanjutnya yang harus ada pada sebuah surat lamaran kerja ialah sebuah fotokopi transkip nilai. Dimana lampiran ini bisa menjadi bukti bahwa nilai yang kalian dapat berhak mendapatkan posisi yang kalian ajukan.
3. Fotokopi KTP
Fotokopi KTP juga menjadi salah satu lampiran detail yang harus ada ketika kalian ingin melamar sebuah pekerjaan. Karena lampiran ini bisa menjadi salah satu ketentuan, bahwa kalian adalah warga indonesia dengan batas umur yang telah menginjak 17 tahun keatas.
4. Fotokopi SIM C
Surat ijin mengemudi juga menjadi salah satu lampiran detail yang harus ada ketika kalian ingin mengajukan surat lamaran kerja. SIM atau surat ijin mengemudi menandakan bahwa kalian telah memiliki ijin untuk berkendara.
Dan lampiran ini juga menjadi salah satu acuan dan pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima kalian. Karena apabila kalian tidak memiliki SIM C atau jenis SIM lainnya, maka kalian bisa saja tidak menerima panggilan pekerjaan dari HRD.
5. SKCK
Surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK menjadi salah satu lampiran yang harus ada ketika kalian ingin melamar sebuah pekerjaan. Karena dengan adanya SKCK, pihak perusahaan dapat menilai bahwa kalian memiliki catatan kepolisian atau tidak.
6. Curiculum Vitae
Curiculum Vitae adalah sebuah resume atau bisa disebutkan bahwa CV adalah perkenalan pribadi secara detail. Dengan menyertakan berbagai informasi menarik, maka CV bisa menjadi salah satu lampiran yang harus ada ketika kalian ingin melamar sebuah pekerjaan pada sebuah instansi atau perusahaan.
7. Portofolio
Untuk lampiran detail selanjutnya yang harus ada ketika kalian ingin melamar sebuah pekerjaan, ialah Portofolio. Dimana Portofolio bisa menjadi pertimbangan untuk para HRD agar dapat menerima kalian sesuai dengan aktifitas atau karya yang telah kalian buat sesuai dengan keahlian kalian.
Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate
Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja tulis tangan dan ketik di PT fresh graduate yang baik dan benar:
Lampiran: 1 (Satu) Berkas Bandar Lampung, 1 Maret 2023
Kepada Yth.
HRD PT…….
Jl. Pulau Tegal
Bandar Lampung
Dengan Hormat
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama :
Tempat, Tanggal Lahir :
Alamat :
No.Telp :
Pendidikan :
Dengan ini saya ingin mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu sebagai……..
Saya memiliki sedikit pengalaman bekerja sebagai jaringan di salah satu perusahaan di kota Bandar Lampung. Saya siap untuk memberikan kompensasi waktu dan tenaga saya apabila diperlukan dan sangat besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara.
Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan beberapa persyaratan sebagai berikut:
- Daftar Riwayat Hidup
- Lampiran lain dsb.
Demikian surat lamaran kerjaan ini, saya ucapkan terimakasih atas perhatian Bapak/Ibu.
Hormat Saya
Ttd
1 Maret 2023, Bandar Lampung
Tips dan Trik Membuat Surat Lamaran Kerja Dengan Benar
Setelah kalian mengetahui apa saja ketentuan dari format hingga lampiran detail umum yang ada pada surat lamaran kerja. Selanjutnya kalian perlu mengetahui bagaimana cara membuat sebuah surat lamaran kerja dengan benar.
Disini kami telah memberikan beberapa tips dan trik yang mungkin bisa bermanfaat untuk kalian guna untuk menulis sebuah surat lamaran kerjaan. Agar dapat bisa menjadi pertimbangan bagi HRD yang membacanya.
Bagi kalian yang penasaran apa saja tips dan trik yang kami berikan, kalian bisa langsung scroll pada pembahasan yang telah kami sediakan dibawah ini.
Menggunakan Bahasa Baku Yang Baik dan Benar
Tips dan trik yang mungkin harus kalian gunakan ketika menulis sebuah surat lamaran kerja ialah, kalian bisa menggunakan sebuah bahasa baku dengan kosa kata yang baik dan benar. Mungkin hal ini bagi kalian bukanlah hal yang serius.
Faktanya banyak para calon pekerja yang gagal dalam mengajukan surat lamaran, karena didalam surat yang mereka tulis. Mereka menggunakan sebuah bahasa gaul, atau bahasa umum yang digunakan pada kehidupan sehari-hari.
Hal tersebut tidaklah etis, maka dari itu kalian bisa menggunakan bahasa baku dengan kosa kata yang baik dan benar ketika ingin membuat sebuah surat lamaran kerja dengan baik dan benar.
Format Penulisan Rapi
Kerapian dalam penulisan surat memang menjadi poin plus tersendiri bagi sebuah perusahaan ataupun instansi. Maka dari itu pastikan penulisan surat yang kalian lakukan telah sesuai format yang ada agar penulisan surat yang kalian lakukan berlangsung rapi.
Apabila kalian menulis surat dengan cara tulis tangan, ada baiknya kalian tidak menghapus atau menggunakan tipe x pada kertas yang kalian gunakan. Ada baiknya kalian mengulang tulisan surat yang salah menggunakan kertas yang baru.
Sertakan Informasi Posisi Yang Kalian Ajukan
Mengajukan posisi yang diinginkan memang sangatlah frontal, namun hal ini menjadi salah satu tips dan trik bagi kalian yang ingin melamar sebuah pekerjaan. Karena kalian bisa dengan jelas mengajukan posisi sesuai dengan keahlian yang kalian miliki.
Tetapi jika kalian ingin mengajukan sebuah posisi pada perusahaan yang kalian lamar, kalian harus memastikan bahwa kalian memiliki transkip nilai, sertifikat ataupun Portofolio sesuai dengan posisi yang kalian ajukan.
Sertakan Sertifikat Akademik
Seperti yang telah kami jelaskan diatas, dimana menyertakan sebuah sertifikat akademik bisa membantu kalian untuk mendapatkan jabatan atau posisi sesuai dengan yang kalian ajukan di perusahaan.
Karena adanya sertifikat ini bisa membuat HRD mempertimbangkan keputusan untuk menolak kalian. Maka dari itu mulai dari sekarang capailah banyak sertifikat dari akademik, karena hal itu dapat membantu kalian untuk mendapatkan pekerjaan dengan mudah.
Data Yang Kalian Sertakan Harus Data Asli
Tips terakhir yang harus diikuti bagi para calon pekerja ialah, kalian harus menggunakan data asli ketika ingin mengajukan lamaran pekerjaan. Karena penggunaan data palsu sudah menjadi salah satu tindak pindana atau penipuan.
Dan ketika hal ini terjadi, kalian bisa dijerat oleh pihak kepolisian karena menggunakan sebuah data palsu untuk mengajukan surat lamaran pekerjaan pada sebuah instansi atau perusahaan.
Kesimpulan
Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami berikan seputa Contoh Surat Lamaran Kerja. Semoga dari beberapa ulaasan yang kami sertakan diatas bisa memberikan manfaat dan dapat membantu kalian semua untuk segera mendapatkan sebuah pekerjaan yang layak dan sesuai dengan yang kalian inginkan.
Jangan lelah untuk berjuang, karena perjuangan tidak akan pernah menghianati hasil. Teruslah berusahan walaupun hari ini kalian belum mendapatkan pekerjaan, karena hari esok ada banyak kebahagiaan serta hasil yang kalian inginkan selama ini.
Sekian dari kami dan sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya. Terima kasih.